MEDIA SCANTER - PUSAT KOREKSI LEMBAR JAWAB KOMPUTER

Sekolah Mulai Gelar Penjajakan UN

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April 2012 mendatang, sekolah mulai melakukan penjajakan atau uji coba soal kepada para siswanya. Langkah ini dilakukan agar para siswa lebih siap dan sukses dalam menghadapi ujian kedepannya.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Semarang Bambang Nianto Mulyo mengatakan, untuk jenjang SMA, MKKS berinisiatif melaksanakan lima kali penjajakan UN kepada siswa. "Lima kali uji coba tersebut terbagi, dua diselenggarakan oleh MKKS, sedangkan tiga lainnya dilakukan oleh sekolah," ungkapnya, Rabu (11/1).
Pelaksanaan penjajakan soal itu dilakukan dengan periode dua minggu sekali di sekolah masing-masing, baik negeri atau swasta. Materi yang diujikan juga sesuai dengan petunjuk pelaksanaan UN 2012, yakni dengan mekanisme dan jadwal yang sama.
"Harapannya, dengan penjajakan yang dilakukan sebelum UN ini, hasil ujian siswa nanti akan lebih baik. Apalagi aturan dan petunjuk sudah disosialisasikan ke masing-masing sekolah sejak saat ini," katanya.
Sementara itu, penjajakan UN juga sudah dilakukan di jenjang SMP. Bagi jenjang SMP penjajakan dilaksanakan selama empat hari dengan jadwal ujian secara berurutan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Sedangkan, jenjang SMA juga dilaksanakan selama empat hari, dan jadwal disesuaikan dengan masing-masing program IPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan.
Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012, UN susulan pada 23-26 April. Untuk jenjang   SMP/MTs dan SMPLB, dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan UN susulan akan berlangsung 30- 4 Mei 2012. Untuk jenjang   SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan UN susulan pada 14-16 Mei 2012