MEDIA SCANTER - PUSAT KOREKSI LEMBAR JAWAB KOMPUTER

BSNP Ubah POS UN

YOGYA (KRjogja.com) - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengubah aturan dalam Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional (POS UN) terutama jadwal dan regulasi lainnya.

Koordinator UN DIY, Baskara Aji mengungkapkan, perubahan POS UN tersebut disampaikan dalam surat edaran Nomor 0001/BSNP/SDAR/I/2012 yang dikirim ke daerah. Dalam edaran tersebut tercantum setidaknya empat ralat dalam POS UN 2012 ini seperti jadwal ujian teori kejuruan SMK yang sedianya akan digelar pada 22 Maret diajukan menjadi 19 Maret.

Lalu, kata Aji hasil dari ujian teori tersebut nantinya digabung dengan ujian praktek kejuruan yang dilaksanakan paling lambat pada 16 Maret. Kedua nilai ujian tersebut nantinya akan menjadi salah satu syarat kelulusan siswa SMK

"BSNP tidak memberitahu alasan perubahan POS ini. Tahun lalu saja POS UN berubah sampai lima kali. Sampai saat ini pun kami masih menunggu dan bersiap jika ada perubahan lain," ujarnya Selasa (17/1).

Aji menyebutkan, selain perubahan jadwal ujian untuk SMK, perubahan juga terjadi pada jadwal UN SD/MI/SDLB. Yakni yang semula pada 8-10 Mei menjadi 7-9 Mei. Sedangkan pengumuman ujiannya justru diundur dari semula 4 Juni menjadi 16 Juni.

"Selain jadwal, terdapat pula perubahan kebijakan untuk peserta UN tuna netra dan low vision. Yakni diperbolehkan membawa alat bantu khusus ke dalam ruangan kelas seperti kaca pembesar atau alas huruf braille agar mereka tidak mengalami kesulitan teknis dalam mengerjakan soal ujian," tuturnya.

Meski masih memungkinkan adanya perubahan lain, pihaknya mengaku akan segera melakukan sosialisasi pada dinas di kabupaten dan kota. "Kami akan segera mensosialisasikan surat edaran ini ke dinas kabupaten dan kota agar sekolah juga mengetahui perubahan POS UN dan bisa mempersiapkan diri," tandasnya.