MEDIA SCANTER - PUSAT KOREKSI LEMBAR JAWAB KOMPUTER

Mendiknas: Hasil UN untuk Intervensi Perbaikan Sekolah!

KOMPAS.com — Hasil Ujian Nasional 2010 akan benar-benar serius dimanfaatkan sebagai pemetaan pendidikan. Karena itu, evaluasi UN bukan hanya untuk menentukan kelulusan siswa, melainkan juga sebagai dasar bagi pemerintah untuk mengintervensi perbaikan layanan pendidikan di sekolah-sekolah.

"Tidak perlu mempertentangkan UN untuk kelulusan atau pemetaan saja. Jika hasil UN hanya untuk pemetaan tanpa ada konsekuensi pada kelulusan, maka nanti kita tidak akan tahu yang sebenarnya soal kondisi riil kemampuan siswa kita," kata Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan Nasional, dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Jakarta, Senin (11/1/2010).

Menurut Nuh, penilaian kelulusan dengan melihat hasil UN dalam pandangan pemerintah masih merupakan metode evaluasi yang terbaik sampai saat ini. "Tetapi, kami terbuka untuk perbaikan ke depannya," kata Nuh.

Fasli Jalal, Wakil Menteri Pendidikan Nasional, menambahkan tidak ada keinginan pemerintah untuk memaksakan pelaksanaan UN tanpa dasar. Kebijakan UN seperti sekarang ini merupakan konsekuensi dari PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

"Sebelum PP diubah, kami tetap mengikuti. Namun, pemerintah siap untuk mencari evaluasi yang terbaik," kata Fasli.