MEDIA SCANTER - PUSAT KOREKSI LEMBAR JAWAB KOMPUTER

UN SMP - CCTV Bantu Pengawasan UN di SMP 15 Yogya

YOGYA (KRjogja.com) - Ujian Nasional (UN) di SMPN 15 Yogyakarta pada hari pertama dilaksanakan dengan pengawasan cukup ketat. Beberapa sudut sekolah sengaja dipasang dengan kemera CCTV untuk mengawasi seluruh aktivitas siswa didalam maupun di luar kelas.

Wakil Kepala SMPN 15 Yogyakarta, Tyas Ismullah mengungkapkan, kamera CCTV yang dipasang di sekolah tersebut adalah berjumlah 4 buah. Pemasangan kamera ini dimaksudkan untuk mempermudah pengawasan kepada siswa mengingat lokasi kelas yang cukup luas dan 2 lantai.

"Ini selain untuk keamanan juga dimanfaatkan untuk pengawasan. Dimana jika kita hanya menggunakan pandangan mata sepintas saja maka akan kurang maksimal dan tidak bisa menjangkau seluruh tempat. Karena itu kamera ini sangat membantu," terangnya ketika ditemui di kantornya, Senin (29/3).

Menurutnya, selain memanfaatkan fasilitas kamera CCTV, untuk keamanan pelaksanaan UN kali ini juga diberlakukan sistem satu pintu masuk. "Jadi saat siswa datang ke sekolah sudah diperiksa di pentu depan dan ditanyakan apakah yang bersangkutan membawa HP ke sekolah atau tidak sehingga yang ingin berbuat curang sudah bisa dicegah sejak awal," katanya.

Sementara itu, anggota Tim Pengawas Independen (TPI) UN DIY, Rudi Eka Siswanto menyatakan, dalam pelaksanaan UN kali ini pihaknya juga ikut membantu kelancaran dan keamanan. "Kami ikut mengawasi bagi siswa maupun pengawas yang akan menuju kamar mandi atau keluar ruangan akan dikawal dan diawasi. Termasuk ditunggu hingga selesai aktivitasnya sehingga semua akses dapat terpantau," imbuhnya.